Bukit Nur Makkah

Bukit Nur Makkah

Bukit Nur
Bukit Nur atau disebut juga Jabal Nur ( Bukit Cahaya ) menurut buku-buku sejarah Jabal Nur ini terletak di timur laut Masjid Al-Haram Makkah Al-Mukarromah dan view nya ke arah perkampungan Al-Adel ( العدل ).

Diberi nama dengan Jabal Nur karena di di bukit ini pertama kali munculnya sinar kenabian Muhammad S.A.W.

Ketinggian bukin Nur ini 642 m, sedangkan kemiringan tebingnya dari mulai 300 sampai dengan 500 m, dan semakin ke puncak semakin terjal hingga membentuk seperti tebing yang tegak, sedangkan luas bukit Nur ini mencapai 5,250km per segi, sedangkan puncak bukit ini menyerupai punduk di punggung unta.

Dibukit inilah Rasulullah menyendiri guna menghindari kemusyrikan dan kebiadaban kota Makkah sebelum kenabian Muahammad, dan Muhammad menyendiri disana dengan tujuan menyembah Allah ( Bukan menyembah gunung ) dengan mengikuti tatacara Ibadahnya Nabiyullah Ibrahim a.s, jadi tujuan Muhammad s.a.w. menyendiri di bukit ini tepatnya di gua Hiro untuk mendapatkan kekhusyu'an dan menghindari hingar-bingarnya kemaksiatan dan kemusyrikan yang melanda kota Makkah kala itu.
  Sehingga di awali dengan mimpi-mimpi yang langsung terbukti akhirnya wahyu pertama yang di bawa oleh Malaikat Jibril a.s. di turunkan pada Muhammad s.a.w. semenjak itulah resmilah Muhammad terpilih menjadi Nabi Akhir zaman yang selama itu di tunggu-tunggu.

Surat pertama kali yang turun pada Rasulullah s.a.w. adalah العلق Al-Alaq.

02.59

0 komentar: